Strrreeeesssss!!!

Stres muncul saat diri tidak mampu lagi menyesuaikan diri dengan keadaan yang bertentangan dengan keinginan atau harapan seseorang. Oleh karena itu stres selalu dikaitkan dengan adanya stresor. Stresor merupakan semua hal yang memicu munculnya stres. Misalnya perubahan fisik, kelelahan, kurang tidur, menderita suatu penyakit, keadaan ekonomi, masalah keluarga, ataupun konflik dengan rekan.

Kondisi stres yang tidak menyenangkan ini akan
memaksa seseorang berusaha menemukan kenyamanan. Caranya hanya dua yaitu fight (menghadapi kenyataan dan mencari jalan keluar) atau flight (menghindar dari segala hal yang memicu stres). Saat diri tak mampu lagi berdamai dengan keadan sebagian orang memilih untuk menghindar dan melampiaskan pada hal lain. Banyak hal yang dilakukan untuk memperoleh kenyamanan, diantaranya:

1. Makan  Sebagian orang yang mengalami stres melampiaskannya pada makanan hingga ia merasa puas atau nyaman. Pada tipe ini sebaiknya orang tersebut memilih makanan yang tepat karena jika tidak akan berefek buruk bagi kesehatan saat makan berlebihan. Pilihlah makanan yang memang dapat meningkatkan serotonin dalam otak sehingga dapat memicu perasaan bahagia seperti pisang, coklat atau seafood.  

2. Shoping  Berbelanja memang dapat melupakan kondisi stres. Hal ini terkait dengan pola asuh orang tua. Saat kecil anak akan merekam respon orang tua saat ia merasa tidak nyaman. Misalnya orang tua suka membujuk anaknya dengan membelikan barang, sehingga saat dewasa ia cenderung lari dari kondisi stres dengan berbelanja.


Bagaimanapun juga lari atau menghindari kondisi stres itu hanya bersifat sementara. Oleh karena itu saat diri sudah mulai nyaman, berusahalah untuk mulai memikirkan langkah yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan semua hal yang menimbulkan stres. Bisa juga dengan meminta bantuan profesional (psikolog) atau menemui orang terdekat dan dipercaya untuk berbgai cerita dan bertukar pikiran sehingga mudah menemukan ide dalam menghadapi masalah yang memunculkan stres tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca doank kok sebel ?

Karena manusia itu bukan robot

Pilih jadi penggerutu atau pecinta???