Psikolog vs Paranormal

Banyak orang yang "enggan" berjumpa dengan psikolog ataupun ilmuan psikologi dengan alasan "ntar dia bisa baca isi pikiran kita" atau "eh, harus hati-hati nih ntar dibaca sama mereka". Sesungguhnya psikologi itu beda jauh dengan paranormal. Psikologi dari asal katanya terdiri dari psyche (jiwa) dan logos (ilmu pengetahuan). Oleh karena itu memang psikologi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas mental manusia. Namun bukan berarti dengan belajar psikologi seseorang mampu menerawang
manusia yang ia jumpai dengan sekilas pandang saja.
Psikologi sebagai ilmu yang dipelajari tentu memiliki objek-objek yang bisa diteliti secara objektif. Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan semua aktivitas mental yang melatarbelakanginya. Oleh karena itu objek penelitian psikologi berfokus pada pengamatan perilaku. Misalnya, untuk tau seseorang sedang marah maka akan diamati ekspresi wajah, muka yang memerah, suara keras, pandanga mata, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu seorang psikolog bukanlah seorang paranormal. Psikolog membaca pikiran atau membaca sifat manusia melalui observasi terhadap perilaku seseorang. Dalam melakukan diagnosa klinis pada klien atau pasienya psikolog juga harus melakukan serangkaian pemeriksaan (berupa alat tes, pengamatan dan wawancara) untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tetang klien atau pasien tersebut, sebelum diberikan tindakan pertolongan atau terapi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca doank kok sebel ?

Karena manusia itu bukan robot

Pilih jadi penggerutu atau pecinta???