Autisme Bukan Penyakit Mental

Autisme bukanlah sebuah penyakit mental yang diderita anak. Autisme merupakan hambatan perkembangan yang terjadi akibat banyak faktor, faktor biologis atau fisik dan faktor psikologis.

Autisme pada anak dapat dideteksi sejak anak berusia
dibawah 3 tahun. Orang tua dapat mengamati perilaku anak bagaimana ia berinteraksi dengan orang tua terutama dari kontak mata saat diajak bicara. Kemudian juga bisa dideteksi jika anak mengalami keterlambatan berbicara dibanding rata-rata anak lainnya.

Secara psikologis, autisme bisa disebabkan kurangnya stimulasi dari orang tua atau keluarga terdekat lainnya. Stimulasi ini sangat penting terutama pada tahun pertama anak. Hal ini juga menentukan perkembangan anak dalam hal motorik ataupun sosial.

Secara biologis, autisme bisa disebabkan gangguan fisik terutama bagian otak. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga proses kehamilan. Gangguan pada proses kehamilan bisa menjadi penyebab munculnya gangguan autisme pada anak. Kemudian juga polusi yang semakin meningkat juga dapat mempengaruhi perkembangan janin.


Penanganan yang dilakukan selama ini terdiri dari dua jenis, terapi medis dan psikologis
1. Terapi dengan menggunakan obat-obatan.  
2. Jika memang terdeteksi ada kerusakan pada bagian otak maka akan deberikan pula terapi pemulihan terhadap gangguan otak.  
3. Terapi motorik, jika anak mengalami masalah perilaku atau gerakan-gerakan yang berulang-ulang dan tidak terkendali.  
4. Terapi bicara  
5. Terapi perilaku untuk anak yang juga bermasalah pada pemusatan perhatian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca doank kok sebel ?

Karena manusia itu bukan robot

Pilih jadi penggerutu atau pecinta???