Psikopat

Akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar mengenai kasus penganiayaan, pembunuhan, hingga mutilasi. Sejalan dengan banyaknya kasus-kasus seperti ini telinga kita juga menjadi akrab dengan berbagai tipe kepribadian manusia.  Kepribadian merupakan pola khas perilaku manusia dan pola khas cara ia berinteraksi dengan dunia luar atau dengan orang lain. Dalam ilmu psikologi sama halnya dengan tubuh kita kepribadian yang dimiiki juga bisa mengalami gangguan. Gangguan kepribadian terjadi apabila
manusia tidak mampu beradaptasi secara sosial atau cenderung kaku dengan tipe kepribadian yang dimiliki sehingga menghambat interaksi dengan orang lain atau lingkungnnya.

Salah satu gangguan kepribadian yang sering dihubung-hubungkan dengan perilaku kriminal yaitu gangguan kepribadian psikopat. Individu dengan gangguan kepribadian psikopat mempunyai karakteristik kemiskinan emosi baik positif maupun negatif. Mereka tidak memiliki rasa malu namun mampu memanipulasi lingkungan atau orang lain dengan menunjukkan emosi yang ia buat. Oleh karena itu mereka melakukan sesuatu atas dasar ingin memuaskan keinginan pribadinya tanpa memikirkan dampak dari perilaku tersebut.

Gangguan kepribadian psikopati terjadi akibat banyak faktor. Perlu di ingat bahwa gangguan kepribadian tidak muncul secara tiba-tiba seperti kecemasan ataupun keadaan panik. Kepribadian terbentuk dari kecil hingga dewasa. Saat pola perilaku yang terbentuk menjadi kaku dan tidak mampu lagi berinteraksi dengan baik inilah yang merupakan gangguan kepribadian. Oleh karena itu keluarga sebagai lingkungan terdekat mempunyai peran penting dalam pembentukan kepribadian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca doank kok sebel ?

Karena manusia itu bukan robot

Pilih jadi penggerutu atau pecinta???