Banyak warna Banyak rasa

Kata "emosi" identik dengan hal negatif seperti marah atau kesal. "tu orang bikin emosi"... "kalau gini aku jadi emosi"... Nah, begitulah penggunaan kata emosi yang sering ditemui selama ini. Sebenarnya apa sih emosi itu? Benarkah emosi itu berarti marah...

Emosi berarti marah itu tidak sepenuhnya benar. Emosi layaknya satu wadah besar yang menampung sekian ragam rasa. Emosi sangat berhubungan dengan
pengalaman yang kita alami. Dengan kata lain harus ada yang memicu munculnya emosi. Pengalaman atau peristiwa dalam kehidupan yang sangat kuat dan berhubungan dengan rasa atau suasana hati (mood) akan menentukan emosi yang diekspresikan manusia. Emosi sendiri terdiri dari emosi yang menyenangkan dan emosi yang tidak menyenangkan. 

Emosi yang menyenangkan dipengaruhi kejadian yang tentunya menyenangkan seperti gembira atau cinta. Emosi yang menyenangkan biasanya diekspresikan dengan tersenyum, tertawa bahkan bersorak. Namun bisa saja diekspresikan dengan tangis haru. 

Emosi yang tidak menyenangkan bergerak sebaliknya disebabkan kejadian yang tidak menyenangkan yaitu marah atau takut. Emosi yang tidak menyenangkan diekspresikan dengan raut wajah yang sedih, menangis, cemberut atau muka memerah (geram). 

Jadi layaknya warna yang beragam maka emosi pun beragam. Dalam kajian ilmiah emosi sendiri bisa diukur dengan memperhatikan ekspresi wajah atau biasa dekenal juga dengan ekspresi nonverbal.Pada dasarnya ada 6 emosi yaitu marah, jijik, takut, bahagia, sedih, dan kaget. Pada penelitian terbaru oleh Ekman berdasarkan emosi negatif dan positif serta keragaman ekspresi wajah maka emosi dasar manusia menjadi bertambah yaitu geli, hina, puas, malu, gembira, bersalah, bangga, nikmat, dan lega. Keragaman inilah yang membuat terkadang warna dihubungkan dengan rasa tertentu. Misalnya "merah" berarti kemarahan. Oleh karena itu warna juga digunakan dalam dunia arsitektur. Warna dipercaya bisa mewakili individu yang menempati suatu kawasan. Selain itu juga digunakan untuk memberikan suasana yang diinginkan oleh orang yang menempati rumah atau ruangan. 

So... banyak warna banyak rasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca doank kok sebel ?

Karena manusia itu bukan robot

Pilih jadi penggerutu atau pecinta???